Teknik Pengoperasian Mesin Pendingin

Teknik Pengoperasian Mesin Pendingin

Pengoperasian suatu unit mesin pendingin adalah suatu kegiatan yang meliputi persiapan menjalankan, pemeriksaan selama mesin beroperasi, dan mematikannya.
Setiap kegiatan dalam pengoperasian suatu unit mesin pendingin dilakukan secara bertahap, dimana setiap tahapannya tidak selalu sama. Ini akan dipengaruhi oleh kelengkapan jenis komponen yang digunakan oleh mesin pendingin tersebut, semakin banyak jenis komponen yang digunakan, maka prosedur mengoperasikannya akan semakin banyak pula tahapannya. Oleh sebab itu, teknik pengoperasian suatu unit mesin pendingin tidak dapat dibuat secara baku, karena setiap unit mesin pendingin mempunyai teknik pengoperasian yang tidak harus sama.


Adapun hal-hal yang pokok dalam kegiatan pengoperasian mesin pendingin adalah sebagai berikut :
1. Persiapan sebelum menjalankan mesin pendingin
Kegiatan ini dimaksudkan untuk mempersiapkan keadaan mesin pendingin untuk siap dioperasikan, sehingga dapat mencegah terjadinya keadaan yang tidak diinginkan pada saat mesin dioperasikan.
Keadaan yang perlu diperhatikan adalah :
- tenaga/sumber penggerak mesin pendingin
- kompresornya
- lingkungan disekitar bagian-bagian mesin yang bergerak/berputar
2. Menjalankan mesin pendingin
Untuk menjalankan mesin pendingin banyak macamnya, namun yang terpenting adalah memastikan terbukanya saluran uap bahan pendingin yang bertekanan tinggi, sehingga begitu kompresor bergerak, maka uap bahan pendingin yang telah dimampatkan dapat langsung mengalir ke komponen lainnya. Selain itu perlu diperhatikan pula aliran media pendingin kompresor dan kondensor, sehingga tidak akan terjadi keterlambatan proses pendinginannya, dan setelah itu atur pembukaan katup-katup lain yang diperlukan agar refrigeran dapat bersirkulasi dengan normal.
3. Pemeriksaan selama mesin pendingin beroperasi
Secara rutin kegiatan ini perlu dilakukan, sehingga keadaan mesin pendingin dapat dimonitor keadaannya dan apabila terjadi kelainan secepatnya dapat diambil tindakan untuk perbaikan.
Adapun bagian-bagian yang perlu diperiksa adalah :
- tekanan refrigeran
- temperatur media pendingin
- temperatur ruang pendingin
- keadaan listrik (sumber tenaga penggeraknya, dll)
4. Mematikan mesin pendingin
Pada saat mesin pendingin tidak beroperasi dalm jangka waktu yang cukup lama, diharapkan refrigeran ditampung dalam alat kondensor atau tangki penampung. Untuk itu sebelum kompresor dimatikan sebaiknya katup yang mengalirkan cairan refrigeran bertekanan tinggi dari tangki penampung ditutup dahulu dan selanjutnya setelah tekanan pengisapan kompresor turun, tenaga penggerak kompresor dimatikan dan menutup katup pengisapan kompresor serta katup-katup lainnya.

Artikel yang berhubungan



1 komentar:

Sasa Stefani mengatakan...

makasih informasinya :D


jual chest freezer

Posting Komentar

komentar terbaru