Pengisian refrigerant untuk mesin pendingin yang terdapat dikapal dapat dilakukan dengan dua kondisi yang berbeda, hal ini dilakukan sebagai upaya aplikasi pada sistem yang sebenarnya. Kedua kondisi tersebut adalah :
- Kondisi mesin mati
- meletakkan tabung Freon diatas timbangan dan mencatat berat awalnya.
- Menghubungkan nipple pada tabung freon dengan hose tengah pada manifold gauge.
- Membuka katup tabung freon sehingga refrigeran dapat masuk ari hose tengah ke manifold gauge dengan posisi kedua katup pada manifold gauge masih tertutup.
- Memutar sedikit sambungan pada manifold gauge dengan hose tengah untuk membuang udara yang terdapat hose tengah tersebut kemudian mengencangkannya kembali.
- Membuka katup pada manifold gauge untuk memasukkan refrigeran.
- Menutup katup pada manifold gauge.
- Kondisi mesin hidup
- Menghidupkan motor listrik pada putaran 1700 rpm.
- Menempatkan saklar pengkondisian pada posisi ON dan memutar saklar blower evaporator pada posisi low cool.
- Membuka katup tekanan rendah sepertiga bagian pada manifold gauge untuk memasukkan refrigeran sesuai berat pengujian.
- Jika berat refrigeran yang masuk telah tercapai kemudian menutup katup tekanan rendah pada manifold gauge.
- Mematikan mesin dan sistem telah siap untuk digunakan.
0 komentar:
Posting Komentar