Pengisian Refrigeran

Pengisian refrigerant untuk mesin pendingin yang terdapat dikapal dapat dilakukan dengan dua kondisi yang berbeda, hal ini dilakukan sebagai upaya aplikasi pada sistem yang sebenarnya. Kedua kondisi tersebut adalah :

  1. Kondisi mesin mati
    1. meletakkan tabung Freon diatas timbangan dan mencatat berat awalnya.
    2. Menghubungkan nipple pada tabung freon dengan hose tengah pada manifold gauge.
    3. Membuka katup tabung freon sehingga refrigeran dapat masuk ari hose tengah ke manifold gauge dengan posisi kedua katup pada manifold gauge masih tertutup.
    4. Memutar sedikit sambungan pada manifold gauge dengan hose tengah untuk membuang udara yang terdapat hose tengah tersebut kemudian mengencangkannya kembali.
    5. Membuka katup pada manifold gauge untuk memasukkan refrigeran.
    6. Menutup katup pada manifold gauge.
  1. Kondisi mesin hidup
    1. Menghidupkan motor listrik pada putaran 1700 rpm.
    2. Menempatkan saklar pengkondisian pada posisi ON dan memutar saklar blower evaporator pada posisi low cool.
    3. Membuka katup tekanan rendah sepertiga bagian pada manifold gauge untuk memasukkan refrigeran sesuai berat pengujian.
    4. Jika berat refrigeran yang masuk telah tercapai kemudian menutup katup tekanan rendah pada manifold gauge.
    5. Mematikan mesin dan sistem telah siap untuk digunakan.

Artikel yang berhubungan



0 komentar:

Posting Komentar

komentar terbaru