Kopling adalah suatu elemen dari mesin yang berguna sebagai penerus putaran dan daya dari poros penggerak ke poros yang digerakkan secara pasti (tidak terjadi slip). Dalam perencanaannya sumbu kedua poros terletak dalam sumbu yang sama atau sedikit berbeda. Antara kopling dan poros dapat dibongkar pasang (kopling tak tetap) atau selalu dalam keadaan terhubung (kopling tetap).
Kopling tetap mencakup kopling kaku, yaitu kopling yang tidak mengijinkan ketidaklurusan antara kedua poros, kopling flens luwes yang mengijinkan ketidaklurusan antara kedua sumbu poros dan kopling universal yang digunakan bila poros penggerak dan yang digerakkan membuat sudut yang cukup besar.
Dalam merencanakan kopling tetap, ada beberapa hal yang mesti diperpertimbangkan diantaranya :
1.Pemasangan yang mudah dan cepat.
2.Ringkas dan ringan.
3.Aman pada putaran tinggi; getaran dan tumbukan yang kecil.
4.Tidak ada bagian yang menjorok (menonjol), atau sesedikit mungkin.
5.Dapat mencegah pembebanan lebih.
6.Terdapat sedikit kemungkinan gerakan aksial pada poros sekiranya terjadi pemuaian
karena panas.
1 komentar:
terimakasih infonya :D
Posting Komentar